Pages

Wednesday, August 6, 2014

Tips Cepat Membuat Nomor Halaman Otomatis Kiri-kanan diCorelDraw

Membuat nomor halaman diCorelDraw kadang dibutuhkan untuk pembuatan layout buku, majalah, brosur dan lain-lain yang menggunakan banyak halaman, sebagaimana software yang lain CorelDraw sudah dirancang untuk digunakan semua kebutuhan hanya saja butuh beberapa trik agar kita bisa bekerja cepat diaplikasi CorelDraw ini, salah satunya membuat nomor halaman otomatis.

Untuk memudahkan penjelasan, saya tidak banyak menampilkan gambar secara lengkap karena Anda sudah bisa memahami sendiri aplikasinya, untuk itu setelah membaca tutorial ini langsung praktek, jika ada masalah jangan malu untuk bertanya. di sini saya berikan 2 tips dan trik membuat nomor halaman otomatis diCorelDraw. Sebelumnya buka halaman CorelDraw dan buat beberapa halaman.
Lanjut?....
Cara pertama; tekan CTRL+J atau klik 2 kali sisi kanan atau bawah bayangan halaman, selanjutnya akan muncul jendela pilihan (options).
Pilih Workspace=> pilih Customization.
Pilih Commands, pada menu Shortcute keys isikan huruf atau angka pilihan Anda, klik Assign. Tujuannya ketika Anda memanggil menu ini tinggal pencet tombol huruf yang sudah Anda tentukan. klik OK lalu tes hingga muncul jendela pilihan seperti ini;

Atur ukuran, font, posisi, warna dan lain-lain yang telah disediakan dalam 3 menu "General, Font, dan Effects" klik Apply untuk melihat hasilnya, jika ingin menghapus karena Anda lihat kurang pas klik Clear Labels. Perhatikan jangan Exit dulu sebelum hasilnya sesuai yang Anda inginkan.
Dalam tahap ini Anda punya masalah? seperti ketika harus membuang/menghapus salah satu halaman atau memberi susunan penomoran yang berbeda, contoh halaman 1-5 menggunakan symbol dan nomor selanjutnya menggunakan angka. Kalau sudah pinter ajarin dong?...tapi kalau belum tahu caranya mudah kok.
Cara kedua; pilih menu layout=> Insert Page Number selanjutnya pilih yang Anda inginkan dari 3 pilihan yang disediakan. 
Untuk pengaturan halaman yang lain coba menu-menu yang lain dibagian ini, salah satunya Page Number Settings, dll.
Mudah kan? jika ada masalah silahkan tanyakan lewat komentar biar bisa digunakan sebagai referensi tutorial CorelDraw online bagi yang lain dari semua masalah yang belum diketahui karena bisa jadi semua tutorial yang saya berikan tidak bisa dicerna setiap orang, terlebih lagi materi ini ada hubungannya dengan trik-tips desain cepat diCorelDraw yang akan saya sampaikan secara bertahap dan rasanya kurang pas jika saya rangkum semuanya dalam satu artikel karena dalam pembelajaran butuh pendalaman materi dan jangan menambah jika belum paham. Katanya pingin ahli desaiiiin!? Ibarat anak belajar jalan dari merangkak dulu baru belajar berdiri trus lari...tidak percaya silahkan coba tips membuat nomor halaman otomatis diCorelDraw ini.

Update 13-03-2015: Cara di atas (no 1) adalah cara kuno karena ribet tapi efektif digunakan untuk coreldraw versi dibawah, cara yang paling praktis dan cepat membuat penomoran otomatis kiri-kanan dicoreldraw adalah menggunakan coreldraw versi lebih tinggi seperti X6 cukup menggunakan menu Page Number Setting kemudia pilih On All Pages secara otomatis semua halaman akan berisi nomor halaman. Pindahkan ke kiri atau kanan secara otomatis semua halaman akan berubah biarpun dihapus atau ditambah penomoran akan menyesuaikan, jika merasa perlu untuk merubah font baik ukuran dan jenisnya tidak mempengaruhi halaman lain bahkan secara otomatis akan mengikuti. Inilah tutorial praktis dan cepat membuat penomoran otomatis kiri-kanan di coreldraw.

Temuan artikel:
membuat nomor halaman otomatis, cara layout buku dan majalah, panduan layout buku dan majalah, tutorial layout buku dan majalah, bisakah membuat nomor kiri kanan genap dan ganjil dicoreldraw, mengatur penomoran genap ganjil dicoreldraw, membuat halaman bolak-balik dicoreldraw

No comments:

Post a Comment