Pages

Thursday, November 13, 2014

Trik Cepat Membuat Margin Template diCorelDraw

Tehnik sederhana dan cepat membuat garis tepi dan mengukur halaman fixed dalam layout buku atau majalah menggunakan CoredDraw, tips ini terkhusus bagi Anda yang sering melayout buku dan majalah di mana sebelum memasukkan text dan ilustrasi terlebih dahulu membuat template halaman cetak dengan proporsi yang tepat ketika proses cetak, kendala dalam masalah ini adalah penentuan titik garis tepi dan garis text box yang terkadang meleset karena tidak presisi antara tepi kiri, kanan, atas, dan bawah.

Berikut ini tehnik cepat membuat margin halaman layout buku, buletin, dan majalah menggunakan CoreldDraw.
  1. Buka halaman baru coreldraw.
  2. Buat pengaturan jarak sesuai lebar dan tinggi, kemudian dibagi dua. Misalnya luas halaman adalah 24X16cm, tulis dalam kolom pengaturan jarak 12. Sorot untuk memperbesar gambar
  1. Kemudian seret margin dan lepas disembarang tempat lalu tekan huruf "P", secara otomatis margin akan berada diposisi center pas di tengah-tengah halaman, setelah itu tekan tombol panah ke arah mana margin akan ditempatkan, di posisi atas bawah atau samping kiri kanan. Selanjutnya tuliskan kembali pembagian dari 16 berupa angka 8, lakukan trik cepat membuat margin layout halaman seperti di atas.
  2. Tahap berikutnya adalah membuat margin text menggunakan cara yang sama seperti di atas dengan pengaturan berapa jarak dari tepi hingga text box, misalnya 2 cm, maka angkanya adalah 10 dan 6. 
  3. Hasil jadinya download template layout buku dan majalah CorelDraw di sini

No comments:

Post a Comment