Pages

Sunday, March 13, 2011

Membuat Motif Arsiran Dengan Coreldraw


Motif arsiran ini biasanya digunakan untuk membuat motif batik ataupun ornament dengan memberikan efek gradasi garis tipis-tipis dalam proses pembuatan desain batik dan ornament menggunakan pensil, efek tersebut digunakan untuk memisahkan warna putih, hitam dan warna-warna tipis dalam penggunaan gambar 2 warna hitam dan putih, dalam coreldraw proses pembuatan arsiran ini bisa dilakukan menggunakan tools patern, lihat contoh dibawah ini.
Dalam contoh ini saya berikan beberapa model motif mulai dari posisi tegak, miring kiri, miring kanan, mendatar, motif anyaman pagar, motif anyaman keranjang, dan motif bunga, cara pembuatan motif arsiran ini dengan menggunakan motif patern fill 2 color kemudian pilih motif garis-garis dengan hasil yang diperoleh seperti ini.
Untuk mengedit ukuran, posisi tegak kearah posisi miring mengunakan tombol create yang akan muncul menu two-color patern editor seperti ini.
Untuk mengedit garis yang ada klik kanan untuk menghapus dan klik kiri untuk menambah sambil mengklik atau menyeret ke samping kiri atau kanan sebagai latihan, jangan lupa pilih variasi ukuran yang tersedia di samping area motif, selanjutnya klik tombol OK dan lihat hasilnya.
Jika anda ingin melakukan pengeditan yang lain untuk menambah beberapa variasi motif dengan menambah dan mengurangi atau merubah tinggi, rendah, kemiringan, jarak antar arsiran anda bisa menggunakan fasilitas dibawah pilihan motif ini.
Lihat perubahan yang terjadi, selanjutnya lakukan beberapa latihan dengan model yang lain.

2 comments: